Headlines News :

Written By SMK AL HAMIDY BANYUANYAR on Selasa, 04 April 2017 | 06.07.00

 SUASANA UNBK SMK AL-HAMIDY BANYUANYAR DI HARI PERTAMA
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di hari pertama untuk jenjang SMK di  Kab. Pamekasan diketahui tidak ada siswa yang absen, Senin (3/4/2017).
Seperti halnya di SMK AL-HAMIDY BANYUANYAR Kab. Pamekasan. Semua  siswa Kelas XII Mengikuti UNBK di hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Kepala SMK AL-HAMIDY BANYUANYAR, Abdul halik, mengatakan di SMK AL-HAMIDY BANYUANYAR baru pertama kali menggunakan sistem UNBK.
Sebelumnya di SMK AL-HAMIDY BANYUANYAR sudah melakukan simulasi UNBK menggunakan komputer selama Dua hari. Sehingga, ia optimis dalam pelaksanaan UNBK kali ini, bisa berjalan lancar.
“Ya meskipun was-was juga pakai UNBK. Karena jika ada masalah di server kan harus mengulang dari awal. Optimis saja Semoga sampai selesai tidak ada hambatan,” kata Abdul halik saat ditemui, Senin (3/4/2017).

Di SMK AL-HAMIDY BANYUANYAR ada Dua sesi pelaksanaan UNBK. Pihaknya juga menyediakan satu genset untuk persiapan apabila terjadi pemadaman listrik. Jumlah proctor di sini ada 2 orang  Dan 2 Teknisi dari pihak internal sekolah sendiri.

Satu siswa yang mengikuti UNBK sesi Pertama, Wahid Hasyim Anwari  mengatakan, meskipun sudah latihan untuk ikut UNBK, dirinya masih takut mengikuti UNBK ini.
“Belajar pasti di Pondok. Cuma takut saja tiba-tiba kalau di tengah mengerjakan mati lampu. Kan mengulangi dari awal. Agak sulit juga dih, tapi pasti bisa,” kataWahid sebelum mengerjakan ujian




SIMULASI KE-3 GLADI BERSIH UNBK TP.2016/2017

Written By SMK AL HAMIDY BANYUANYAR on Selasa, 14 Maret 2017 | 01.30.00





              SMK AL-HAMIDY Banyuanyar Pamekasan Madura ikut berpartisipasi dalam melaksanakan Simulasi Ke-3 yang dilaksanakan Senin, 6 Maret 2017 – 7 Maret 2017. Simulasi Ke-3 ini merupakan bagian dari proses panjang dunia pendidikan nasional berbasis komputer. Tujuan dari Simulasi Ke-3 UNBK ini adalah untuk mengenalkan para siswa, guru pengawas, dan proktor berserta teknisi operasional  dan program kerja UNBK. Diharapkan melalui simulasi ini, setiap peserta menguasai cara menggunakan perangkat lunak komputer dalam menjawab soal-soal yang diberikan.
              Untuk mendukung penyelenggaraan UNBK ini, SMK AL-HAMIDY  telah menyiapkan Satu ruangan, 2 pengawas, 1 proktor dan1 teknisi. Terdapat 10 PC client dan1 PC server ruang ujian. Server dan komputer cadangan juga disiapkan  menanggulangi jika sewaktu-waktu  dibutuhkan demi kelancaran proses ujian para siswa. Selama penyelenggaraan Simulasi Ke-3  yang dilaksanakan 6 Maret 2017, segala kendala teknis yang dihadapi  dapat diatasi oleh pihak sekolah.


Pada koordinasi sebelum pelaksanaan simulasi, panitia sepakat bahwa pada simulasi kali ini kondisi dan situasinya dibuat semirip mungkin dengan pelaksanaan ujian, termasuk pembagian tugas panitia. Jika pada pelaksanaan simulasi sebelumnya hanya melibatkan tim CBT yang terdiri dari proktor dan teknisi saja, pada pelaksanaan simulasi III atau gladi bersih UNBK kali ini juga melibatkan pengawas dan bagian administrasi. Pengawas diambilkan dari guru yang akan ditugaskan pada UNBK nanti.
Demikian juga sikap dan hal-hal yang dilakukan oleh peserta. Peserta satu persatu masuk ke dalam ruangan dengan menunjukkan kartu identitasnya, dengan meletakkan tas di Belakang. Bagi peserta yang mendapatkan masalah ketika mengerjakan soal ujian melaporkan kepada pengawas (sesuai petunjuk teknis UNBK) baru pengawas melaporkan kepada proktor. Waktu pengerjaan dibuat selama 2 jam penuh. (lon)


          Dalam simulasi Ke-3 ini pihak sekolah Bertujuan antara lain:
  • Mengenalkan aplikasi UNBK kepada  siswa
  • Memberikan motivasi belajar kepada Siswa di rumah
  • Proses pembiasaan siswa dalam mengerjakan soal-soal ujian
          Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Simulasi Ke-3 UNBK. Semoga bermanfaat dan dapat mempersiapkan diri lebih dini untuk memfasilitasi anak didik kita dalam mengikutin UNBK 2017.

UJI KOMPETENSI SISWA SMK ALHAMIDY BANYUANYAR TAHUN PELAJARAN 2016-2017



    Seluruh siswa akhir SMK Kesehatan Al hamidy banyuanyar mengikuti Uji Kompetensi Kejuruan (UKK), KAMIS(9/3).
    Ujian kompetensi siswa SMK Kesehatan Al hamidy banyuanyar tersebut dihadiri Dokter danang setyo nogroho sebagai ketua TIM penguji Besrta Staf Guru produktifnya
    Salah satu guru produktifnya Mengatakantakan, uji kompetensi tersebut dilakukan diakhir pendidikan siswa. Ini bertujuan untuk melakukan standarisasi kompetensi lulusan SMK Kesehatan.
    “SMK Kesehatan al-hamidy banyuanyar sudah memiliki sarana prasarana yang lengkap. Termasuk gurunya sudah kompeten, sehingga layak mengadakan uji kompetensi siswa,” kata dr. danang setyo nogroho Kamis (9/3).
    Ia memastikan, siswa yang lulus uji kompetensi akan mengantongi sertifikat kompetensi . Dengan sertifikat itu nantinya, mereka dapat mempergunakannya melamar pekerjaan.
    Ketua Kaprodi SMK Kesehatan Al-hamidy banyuanyar, Ns. Mohammad fahmi rosidi, S.Kep mengatakan, uji kompetensi kejuruan bagian penting yang wajib diikuti siswanya. Sejauh ini persiapan menjelang UKK telah dilakukan secara maksimal.
    “Tujuan akhir bukan sekedar mengejar sertifikasi semata. Yang utama, meluluskan pelajar SMK Kesehatan Al-hamidy banyuanyar agar benar-benar berkualitas dan berdaya saing,” kata Ns. Mohammad fahmi rosidi, S.Kep.

    SEHAT ITU MAHAL

    Written By SMK AL HAMIDY BANYUANYAR on Senin, 04 April 2016 | 18.11.00

    Sehat itu mahal sering kali terngiang di telinga kita, ucapan tersebut dapat kita benarkan dengan melihat biaya pasien di rumah sakit umum atau lebih mahalnya lagi di rumah sakit spesialis. Kok bisa Mahal?? Ya iya lah Mahal. Bayar dokter berapa? beli obat berapa? belum lagi Sewa ruang di rumah sakit.


    pernah senyum nggak?

     Pastinya dong, gimana rasanya habis seyum? Pasti senang kan. Semua orang di dunia ini pasti pernah tersenyum, walaupun itu senyuman pahit. Dan semua orang pasti menginginkan senyuman yang tulus dari hati seseorang, karena itu akan membuat hati sejuk, dan tenang.
    Di dalam agama, senyum juga sangat dianjurkan lho. Karena seyum itu adalah ibadah. Jadi, kalau kita sekali tersenyum, maka akan mendapatkan pahala, apalagi kalau kita sering terseyum kepada orang lain dengan hati yang ikhlas, pasti pahalanya makin banyak. Jadi, nggak ada ruginya kalau tersenyum. Orang yang mudah tersenyum juga akan disayangi banyak orang, karna senyum itu meningkatkan ukhuwah sesama manusia. Coba kita jarang tersenyum dan selalu cemberut, pasti nggak ada orang yang mau berteman dengan kita. Jangankan untuk berteman, menegur saja pasti mereka nggak mau kan?

    Senyum dapat mengurangi stres

    Stres secara nyata dapat muncul di wajah anda. Senyum membantu mencegah kesan bahwa kita sebenarnya sedang lelah atau merasa “down”. Jika anda sedang stres cobalah untuk tersenyum, maka stres anda akan berkurang dan anda akan merasa lebih baik untuk membuat langkah selanjutnya.

    Mau tau nggak caranya agar kita menjadi orang yang dermawan dengan senyuman. Pertama,tersenyumlah kepada semua orang yang kita jumpai, karena senyum itu meningkatkan ukhuwah, mulai dari orang yang lebih tua sampai yang lebih muda daripada kita dan itu akan membawa hal yang positif karena orang akan menganggap kita anak yang baik, tapi seyumnya adalah senyum yang ikhlas bukan yang dibuat-buat, apalagi menggoda, karna itu juga tidak bagus kelihatannya.
    Kedua, setiap orang yang menyapa kita, balaslah dengan seyuman yang tulus, karena senyuman akan terasa lebih berarti daripada balasan dengan sapaan kembali. Coba saja kita lihat, jika kita menyapa seseorang dan dibalas dengan seyuman yang ikhlas, tapi di sisi lain kita menyapa seseorang tapi dibalas dengan satu kata “ya” namun ketus terdengarnya dan tanpa seyuman, mana yang kita suka? Pastinya kita lebih suka yang dibalas dengan senyuman yang tulus, karena itu terasa lebih berarti. Ketiga, apapun yang kita hadapi, walaupun itu susah ataupun mudah, hadapi dengan senyuman.
    Jadi, marilah kita dermawan dengan seyuman, senyuman yang tulus dari hati, senyuman yang membuat hati orang tenang melihatnya, senyuman yang menginspirasi, yang membuat orang selalu rindu dengan senyuman kita, dan senyuman yang terasa sangat berarti, seperti senyuman Rasulullah saw yang membuat hati semua orang merasa tenang melihatnya. Dan jadilah kita sebagai seorang pemilik senyuman termanis dan tertulus yang dicintai banyak orang. Keep smile!
    Senyum lebih berharga dibanding sebuah pemberian yang dihadiahkan seorang pria. Dan, lebih menarik dari lipstik dan bedak yang menempel di wajah seorang  wanita.
    Dua kalimat di atas adalah cuplikan kalimat Dale Breckenridge Carnegie, seorang  penulis, pendiri  Dale Carnegie Training, dan motivator terkenal dari Amerika Serikat. Anak dari seorang petani ini percaya bahwa senyum dapat mempengaruhi orang-orang ke arah yang lebih baik. Dengan senyum, sesuatu yang sulit akan terasa lebih ringan.
    Dilihat dari kacamata psikologi, senyum juga memiliki dampak positif bagi para pelakunya. Disebutkan, dengan senyum orang dapat mengurangi tingkat stres, meningkatkan kekebalan secara psikologis, memicu perasaan optimis, dan dapat meningkatkan hubungan baik dengan orang lain.

    Senyum membuat anda tetap positif

    Cobalah lakukan hal ini: Tersenyumlah sekarang. Lalu cobalah berpikir sesuatu yang menurut anda negatif  tanpa berhenti tersenyum. Tentu ini sulit dilakukan, bukan?    Karena kedua hal tersebut saling bertentangan.  Ketika anda tersenyum, maka senyum tersebut akan  mengirimkan sinyal ke tubuh anda bahwa ‘hidup anda saat ini baik-baik saja’.
    Dalam kehidupan sehari-hari, senyum ada beberapa versi, mulai dari senyuman yang tulus, senyuman yang pahit, seyuman yang kecut, dan lain-lain. Tapi pasti nggak ada orang yang menginginkan senyuman yang sinis dari orang lain. Karena walaupun itu sebuah senyuman, tapi terasa sangat menusuk apabila melihatnya. Tau nggak? Tersenyum itu juga baik untuk kesehatan, karena mengencangkan kulit wajah dan awet muda. Jadi, sering-sering dong tersenyum biar awet muda, tapi jangan senyum-seyum sendiri, nanti disangka orang aneh, hehe..
    Terseyum juga dapat membuat otak kita tenang lho. Jadi apapun yang dihadapi, kita bawa santai aja, jangan dibikin pusing, karena otak kita akan menerima sugesti dari diri kita sendiri. Kalau kita beranggapan itu susah, maka otak kita akan merespon susah dan memang bakalan susah, apalagi ditambah cemberut. Tapi sebaliknya, kalau kita memberikan sugesti bahwa sesuatu itu mudah dan dibantu dengan seyuman yang ikhlas, Insyaallah semuanya akan berjalan lancar.

    Senyum membuat anda lebih menarik

    Kita akan selalu tertarik pada orang yang selalu tersenyum. Orang yang selalu tersenyum punya daya tarik tersendiri. Wajah yang berkerut, cemberut, membuat orang menjauh dari anda, tetapi sebaliknya senyum bisa membuat mereka tertarik.

    Senyum mengubah mood anda

    Ketika anda merasa jatuh atau “down” cobalah untuk tersenyum. Mungkin saja mood anda akan berubah menjadi lebih baik.

    Senyum dapat merangsang orang lain tersenyum

    Ketika seseorang tersenyum maka senyum tersebut akan membuat suasana menjadi lebih cerah, mengubah mood orang lain yang ada disekitarnya dan membuat semua orang menjadi senang. Orang yang suka tersenyum membawa kebahagiaan buat orang yang ada di sekitarnya. Seringlah tersenyum maka anda akan disukai oleh banyak orang.

    Manfaat Senyum bagi kesehatan

    Dari segi kesehatan, senyum juga memiliki peran yang penting untuk ikut menjaga kebugaran tubuh.  Banyak penelitian yang menyatakan beberapa hal seperti di bawah ini;

    Senyum mengeluarkan Endorphin dan Serotonin.

    Beberapa studi telah menunjukkan bahwa senyum dapat merangsang pengeluaran Endorphin dan Serotonin.     Endorphin adalah pereda rasa sakit secara alami, sedangkan Serotonin  adalah  hormon yang mengendalikan mood seseorang.

    Senyum menurunkan tekanan darah anda

    Ketika anda tersenyum, maka tekanan darah anda akan menurun dengan sendirinya. Bukankah anda sering menjumpai orang yang gampang marah-marah memiliki tekanan darah tinggi?  Karena marah berlawanan kutub dengan senyum.

    Senyum membuat awet muda

    Senyum dapat melenturkan kulit wajah dan membuat anda terlihat lebih muda. Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum ikut membuat anda terlihat lebih muda. Jika anda ingin sesuatu yang beda, maka berikan senyum anda sepanjang hari, maka anda akan terlihat lebih muda dan merasa lebih baik.

    Senyum meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh

    Senyum dapat membantu kerja imun tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Ketika anda tersenyum, fungsi imun meningkatkan kemungkinan anda menjadi lebih rileks.
    Jadi, jika anda menginginkan tubuh anda bugar, mendapatkan pahala senilai sedekah, dan ingin memiliki hubungan lebih baik dengan orang-orang di sekitar anda, maka tersenyumlah. Dan, sudahkah anda senyum hari ini?

    album





    UN DIHARI PERTAMA

    UN DIHARI PERTAMA




    Hari pertama Ujian Nasional (UN) 2016 sudah dilewati oleh para siswa SMK AL HAMIDY  , Senin (4/4). Terkait dengan hal itu, Waka sesiswaan pun memberikan laporan jalannya UN di SMK AL HAMIDY.

    Menurut Bapak Waka , penyelenggaraan UN hari pertama berjalan lancar. Meski sempat khawatir terjadi gangguan, namun pihak  sekolah yang diwakili oleh  Bapak Muhlis mengklaim semuanya berjalan lancar.

    "Kekhawatiran yang paling banyak terjadi adalah pada mentalitas siswa karena hari pertama. Tapi semuanya  Al hamdulillah berjalam lancer sesuai dengan yang kita harapkan, semoga tiga hari berikutnya tetap seperti sekarang," ujar Bapak  Waka ( Admin SMK Al Hamidy)

    Sekapur Sirih Admin SMK AL HAMIDY

    Written By SMK AL HAMIDY BANYUANYAR on Senin, 07 Maret 2016 | 13.54.00

    Sekapur Sirih Admin SMK AL HAMIDY

    Pembaca yang budiman ,  Terima kasih Anda telah mengunjungi website SMK AL HAMIDY BANYUANYAR. Website ini kami kembangkan sebagai upaya untuk merealisasikan visi, misi, dan moto SMK  AL HAMIDY sebagai salah satu lembaga penjaminan mutu pendidikan.

    Melalui website ini para pembaca dapat memperoleh informasi resmi tentang kebijakan, dan kegiatan SMK AL HAMIDY. Para pembaca juga dapat mengirimkan artikel populer yang terkait dengan pendidikan khususnya dalam bidang kesehatan dan berinteraksi dengan mengajukan pertanyaan, kritik, saran, berita seputar sekolah,   serta informasi lain yang bermanfaat.

    Selamat membaca. 

    10 RAHASIA SEHAT ALA NABI MUHAMMAD RASULULLAH SAW

    Written By SMK AL HAMIDY BANYUANYAR on Sabtu, 27 Februari 2016 | 22.38.00



    10 RAHASIA SEHAT ALA NABI MUHAMMAD RASULULLAH SAW


    Kesehatan merupakan salah satu aset kekayaan yang tidak pernah ternilai harganya. Pada saat nikmat kesehatan ini dicabut oleh Sang Pemilik, Allah SWT, maka manusia akan rela mencari berbagai macam pengobatan dengan biaya yang sangat mahal bahkan sampai ke tempat yang sangat jauh sekalipun. Sayangnya, hanya sedikit saja orang yang selalu peduli dan menjaga nikmat besar yang diberikan Allah tersebut sebelum akhirnya dicabut-Nya kembali.
    Lalu, apa sebenarnya kunci utamanya sehingga Rasulullah hanya jatuh sakit 2 kali saja sepanjang hayatnya. Pertama, pada saat diracun oleh seorang wanita Yahudi ketika dia menghidangkan makanan untuk Nabi Muhammad SAW. Kedua, pada saat menjelang wafatnya. Sedikitnya ada 10 rahasia sehat ala Nabi Muhammad Rasulullah SAW yang bisa kita tiru sebagaimana dikutip smkalhamidy.sch.id
    10 rahasia sehat ala Nabi Muhammad Rasulullah SAW
    Kuncinya, Nabi Muhammad SAW mengamalkan menghirup udara segar di waktu subuh. Beliau bangun sebelum subuh dan melaksanakan qiyamul lail. Para pakar kesehatan menyatakan, udara sepertiga malam terakhir sangat kaya dengan oksigen dan belum terkotori oleh zat-zat lain. Sehingga sangat bermanfaat untuk optimalisasi metabolisme tubuh. Hal itu sangat besar pengaruhnya terhadap vitalitas seseorang dalam aktivitasnya selama seharian penuh. Rasulullah SAW bersabda:
    Nikmat pertama kali ditanyakan kepada seorang hamba pada hari kiamat kelak adalah ketika dikatakan kepadanya, “Bukankah Aku telah menyehatkan badanmu serta memberimu minum dengan air yang menyegarkan?” (HR. Tirmidzi: 3358).
    Menurut Indra Kusumah SKL, S.Psi dalam bukunya “Panduan Diet ala Rasulullah”, kesehatan sering dilupakan, padahal ia seakan-akan bisa diumpamakan sebagai mahkota indah di atas kepala orang-orang sehat yang tidak bisa dilihat kecuali oleh orang-orang yang sakit. Sepintas masalah makan ini tampak sederhana, namun ternyata dengan pola makan yang dicontohkan Rasulullah mampu menjawab semua itu. Beliau terbukti memiliki tubuh yang sehat, kuat dan bugar.
    Ketika Kaisar Romawi mengirimkan bantuan dokter ke Madinah, ternyata selama setahun dokter tersebut kesulitan menemukan orang yang sakit. Dokter tersebut bertanya kepada Rasulullah tentang rahasia kaum muslimin sangat jarang mengalami sakit. Pakar kesehatan selama ini mengenal dua bentuk pengobatan yaitu pengobatan sebelum terjangkit penyakit atau preventif (ath thib Al wiqo’i) dan pengobatan setelah terjangkit penyakit (at thib al’ilaji).
    Flowchart: Document: Nabi Muhammad SAW mengamalkan menghirup udara segar di waktu subuh. Beliau bangun sebelum subuh dan melaksanakan qiyamul lail. 
Dengan mencontoh pola makan Rasulullah tersebut, kita sebenarnya sedang menjalani terapi pencegahan penyakit dengan makanan (attadawi bil ghidza). Beberapa gambaran pola hidup sehat Rasulullah berdasarkan berbagai riwayat bisa dipercaya, sebagai berikut:
    1. Di pagi hari, Rasulullah menggunakan siwak untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Organ tubuh tersebut sangat berperan dalam konsumsi makanan. Apabila mulut dan gigi sakit, maka biasanya proses konsumsi makanan menjadi terganggu.
    2. Di pagi hari juga, Nabi Muhammad SAW membuka menu sarapannya dengan segelas air dingin dicampur sesendok madu asli. Khasiatnya luar biasa. Dalam Alquran, madu merupakan syifaa (obat) yang diungkapkan dengan isim nakiroh menunjukkan arti umum dan menyeluruh. Ditinjau dari ilmu kesehatan, madu berfungsi untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus dan menyembuhkan sembelit, wasir dan peradangan.
    3. Masuk waktu dhuha (pagi menjelang siang), Rasulullah senantiasa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa’ (matang). Ia bersabda, “Barang siapa makan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun”.
    Hal itu terbuki ketika seorang wanita Yahudi menaruh racun dalam makanan Rasulullah pada sebuah percobaan pembunuhan di perang khaibar. Racun yang tertelan olehnya kemudian dinetralisir oleh zat-zat terkandung dalam kurma. Seorang sahabat, Bisyir ibu al Barra’ yang ikut makan tersebut akhirnya meninggal, tetapi Rasulullah selamat dari racun tersebut.
    4. Menjelang sore hari, menu Rasulullah biasanya adalah cuka dan minyak zaitun. Selain itu, Nabi juga mengonsumi makanan pokok seperti roti. Manfaatnya banyak sekali, di antaranya mencegah lemah tulang, kepikunan di hari tua, melancarkan sembelit, menghancurkan kolesterol dan melancarkan pencernaan. Roti yang dicampur cuka dan minyak zaitun juga berfungsi mencegah kanker dan menjaga suhu tubuh di musim dingin.
    Flowchart: Document: Para pakar kesehatan menyatakan, udara sepertiga malam terakhir sangat kaya dengan oksigen dan belum terkotori oleh zat-zat lain. Sehingga sangat bermanfaat untuk optimalisasi metabolisme tubuh. Hal itu sangat besar pengaruhnya terhadap vitalitas seseorang dalam aktivitasnya selama seharian penuh.5. Di malam hari, menu utama makan malam Rasulullah adalah sayur-sayuran. Beberapa riwayat mengatakan, Rasulullah selalu mengonsumsi sana al makki dan sanut. Menurut Prof Dr Musthofa, di Mesir keduanya mirip dengan sabbath dan ba’dunis.
    Mungkin istilahnya cukup asing bagi orang di luar Arab, tapi dia menjelaskan, intinya adalah sayur-sayuran. Secara umum, sayuran memiliki kandungan zat dan fungsi sama yaitu menguatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari serangan penyakit.
    6. Rasulullah tidak langsung tidur setelah makan malam. Beliau beraktivitas terlebih dahulu supaya makanan dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan baik sehingga mudah dicerna. Caranya juga bisa dengan shalat.
    7. Disamping menu wajib di atas, ada beberapa makanan disukai Rasulullah tetapi tidak rutin mengonsumsinya. Di antaranya, tsarid yaitu campuran antara roti dan daging dengan kuah air masak. Beliau juga senang makan buah yaqthin atau labu air, yang terbukti bisa mencegah penyakit gula. Kemudian, beliau juga senang makan buah anggur dan hilbah (susu). Qitsa adalah sejenis buah-buahan mirip mentimun tetapi ukurannya lebih besar (Hirbis)
    8. Nabi Muhammad SAW sering menyempatkan diri untuk berolahraga. Terkadang beliau berolahraga sambil bermain dengan anak-anak dan cucu-cucunya. Pernah pula ia lomba lari dengan istri tercintanya, Aisyah RA.
    9. Rasulullah tidak menganjurkan umatnya untuk begadang. Alasannya, ia tidak menyukai berbincang-bincang dan makan sesudah waktu isya. Biasanya beliau tidur lebih awal supaya bisa bangun lebih pagi. Istirahat cukup dibutuhkan oleh tubuh karena tidur termasuk hak tubuh.
    10. Pola makan Rasulullah ternyata sangat cocok dengan irama biologi berupa siklus pencernaan tubuh manusia oleh pakar kesehatan disebut circadian rhytme (irama biologis).
    Fakta-fakta di atas menunjukkan pola makan Rasulullah ternyata sangat cocok dengan irama biologi berupa siklus pencernaan tubuh manusia yang oleh pakar kesehatan disebut circadian rhytme (irama biologis). Inilah yang disebut
    dengan siklus alami tubuh yang menjadi dasar penerapan Food Combining (FC).

    Cara Mudah Mengajukan NISN Baru Tahun 2015

    Written By Cholil Smart on Minggu, 13 September 2015 | 20.10.00

    Setiap menjelang UN tidak sedikit operator sekolah yang direpotkan oleh sebagian siswanya yang belum memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Karena disekolah sebelumnya tidak dibuatkan entah alasan apa yang membuatnya tidak memiliki NISN. Sulitnya mengurus NISN atau hal lainnya.
    Pada tahun 2015, Cara mengajukan NISN Baru untuk tingkat SD, SMP, SMA dan SMK sudah bisa dilakukan oleh Operator Sekolah setempat, berbeda dari tahun-tahun sebeumnya yang hanya bisa dilakukan oleh Operator Dinas Kota/Kabupaten.
    Mekanisme pengajuan pada tahap pertama adalah siswa yang akan diajukan untuk mendapatkan NISN itu harus sudah terdaftar di aplikasi Dapodikdas untuk jenjang SD dan SMP, serta bagai jenjang SMA dan SMK juga telah terdaftar dalam aplikasi Dapodikmennya. Untuk aplikasi Dapodikdas dapat dilihat di situs http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id, bisa anda langsung Klik Di Sini dan untuk aplikasi Dapodikmen dapat didownload dari links situs http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id yang bisa anda Klik Di Sini.
    Untuk Cara Deteilnya bisa anda baca Petunjuk Pengurusan NISN 2015 Untuk  Tingkat SD, SMP, SMA dan SMK. Langsung Klik Saja Di Sini

    ANTARA TUNTUNAN ATAU TONTONAN

    Written By SMK AL HAMIDY BANYUANYAR on Minggu, 21 Juni 2015 | 02.47.00

    MORAL

    (Antara tuntunan atau tontonan)
    Rakyat dari pada satu bangsa akan merasa kebingungan karena krisis ekonomi yang melanda satu contoh di Indonesia, ungkapan kekecewaan pada pemerintah atas melonjaknya harga BBM yang berimbas pada melambungnya harga sembako, rakyat Indonesia meluapkan unek-uneknya dengan jalan berdemo, karena mereka menghawatirkan prospek masa depan anak generasi bangsa yang siap menghadapi putus sekolah karena faktor ekonomi
    Namun tidak demikian dengan masalah krisis yang sangat krusial yang menyangkut masa depan generasi bangsa yaitu krisis moral yang melanda anak-anak bangsa, karena bagaimanapun keberadaan generasi kemarin merupakan calon pemimpin masa  sekarang dan generasi sekarang merupakan calon pemimpin esok dan seterusnya, searah dengan sebuah pepatah : سبان اليوم رجال الغد
    ” pemuda hari sekarang adalah calon pemimpin masa depan “ mereka para orang tua hanya bisa berpangku tangan menyaksikan dekadensi moral yang semakin merajalela, mewabah pada semua kalangan pemuda mulai dari kalangan atas sampai kalangan bawah. Mulai dari yang bergelimang harta kekayaan sampai pada orang yang berselimutkan selaksa kesengsaraan. Bahkan kebobrokan moral mulai menjadi tabiat kalangan anak muda dewasa ini. Padahal krisis nilai-nilai manusiawi jauh seperti ini lebih berbahaya kalau tidak segera di antisipasi. Pada gilirannya, lambat atau cepat, akan menyeret manusia kelembah yang hina dina, ketingkat martabat hewani, bahkan mungkin lebih rendah lagi, bahkan pada sebuah kehancuran uang komprehensif, ; sejalan dengan sebuah maqolah :
    إن فى يد الفتى أمر الأمة    “ Sesungguhnya di tangan para pemudalah urusan ummat “.
    Moral adalah fondasi dari segala galanya, moral juga biang dari segala keangkaramurkaan. Sudah sering kita baca dan kita dengar baik melalui media cetak maupun elektronik menjamurnya  perampokan, pencurian pemerkosaan dan tindak kriminal lainnya. Semua terjadi disebabkan “moral telah terabaikan”. Perampokan maupun pencurian tidak dapat di salahkan tetapi harus melihat hukum kausa (sebab akibat) karena yang kaya tidak mau tahu nasib si miskin sehingga enggan menafkahkan hartanya di jalan Allah dan si miskin tidak lapang dada terhadap apa yang di qodratkan oleh Allah yang berakibat pada kecemburuan sosial. Kendatipun secara hukum agama dan negara sama-sama tidak memperbolehkannya.
    Sebagai refleksi pada diri kita sebagai kaum muslimin mencoba mengenang sejarah  kehidupan kaum muslimin terdahulu yang mereka menjadi pemilik kemuliaan, keagungan, keberanian, dan kehebatan serta kekuatan, maka sebuah pertanyan akan muncul pada diri amsing-masing ; mengapa bisa demikian ? tentu jawabannya, karena meraka selalu mengedepankan moral dari pada syahwat. Akan tetapi ketika kita melihat keberadaan kaum muslimin dewasa ini mereka berada dalam keadaan yang sangat rendah dan hina serta serasa termalginalkan, penuh kesengsaraan tidak bersifat amanah dan tidak mempunyai kekuasaan maupun kekuatan, tidak lagi memiliki kultur Islami yang merupakan nilai orsinalitas seorang muslim. Keburukan menjadi rahasia umum sementara kebaikan dan kejayaan serasa tak kunjung bersua. Ironisnya, mereka  merasa tenang dalam keadaan seperti ini dan tak ada beban kerisauan melihat kondisi  tersebut.Tidak cukup sampai di situ banyak sekali ajaran-ajaran Islam yang di selewengkan tanpa mempedulikan kesakralan dan kesucian ajaran Islam hanya demi secuil materi. Bahkan syariat yang suci ini layaknya daun pisang di pinggir jalan ketika hujan turun mereka menggunakannya dan ketika sudah reda mereka mencampakkannya. Begitulah potret keberadaan kaum muslimin pada abad ini. Sungguh mengherankan, kaum yang sudah kenyang dengan keduniaan mengapa sekarang mereka masih haus? Kalaupun mereka telah mempelajari adab dan etika Islam tetapi mengapa kontek yang terjadi di lapangan, adab dan etika sangat di nisbikan? Tentunya dengan sebuah jawaban: mereka telah mengabaikan norma-norma moral yang semestinya di junjung tinggi, serta di aplikasikan juga dipertahankan keorsinilannya. Banyak para intelektual dan budayawan muslim telah memikirkan hal ini dan mencoba dengan berbagai metode dan metodologi untuk memperbaiki keadaan ini, akan tetapi penyakit amoral malah semakin akut dan parah. Kitapun hanya berdiam diri menutup mata dan tidak berusaha mencari solusinya. Dan hal ini merupakan suatu keteledoran besar. Maka sebagai kontribusi pemikiran  kita pada problematika yeng terjadi, sudah saatnya bagi kita untuk mulai introspeksi dan retrospeksi dalam memulai langkah dan mem-paradigma-kan masalah ini. Maka melalui tulisan ini, penulis mengajak pembaca men-tafakkur-kan langkah-langkah dibawah ini :
    Langkah pertama untuk menanggulanginya, manusia harus sadar bahwa dirinya adalah satu-satunya hamba Allah yang di tugasi untuk menjunjung tinggi titah-Nya dan menjadikan syariat untuk jalan hidupnya. Dan agama merupakan satu-satunya alternatif untuk bisa menyelesaikan segala problematika yang terjadi saat ini. Islam dengan keuniversalannya adalah merupakan agama yang fitrah, yang merupakan pedoman dan tuntunan peri kehidupan, Islam telah meletakkan dasar nilai-nilai yang prinsipil dalam kehidupan umat manusia, agar manusia tidak sesat. Dalam Islam telah di bentangkan jalan yang terang dan lurus agar manusia dapat mengikutinya dengan penuh tanggung jawab. Oleh karenanya Islam telah menetapkan dengan jelas tentang tujuan hidup manusia, sebagaimana tujuan hidup vertikal yaitu menuju keridhan Ilahi. Tujuan menuju keridlaan Ilahi adalah merupakan tujuan akhir (ultimate goal).
    Selaras dengan fiman Allah ومن الناس من يشري نفسه ابتغاء مرضات الله والله رؤوف بالعباد Artinya: Dan di antara manusia ada orang yang mengurbankan dirinya karena mencari keridaan Allah dan Allah maha penyantun pada hamba-hambanya (Q.S. al-Baqoroh 207)
    Ayat di atas berorientasi pada tujuan hidup vertikal, sedangkan yang menjadi sentralisasi adalah Allah SWT Rabbul ‘Alamien. Setelah kita mendapatkan titik terang dari maksud tujuan hidup, maka selayaknya kita bermoral pada Allah sebagai sentralisasi kehidupan kita dan bermoral pada diri kita sendiri sebagai pelaku kehidupan serta bermoral pada lingkungan sekitar kita sebagai pendukung sukses kelangsungan hidup kita mulai dari alam fana ini sampai alam nan kekal abadi. Janganlah sekali-kali mengabaikan pentingnya bermoral karena yang demikian akan merugikan diri sendiri.
    Maka kita sebagai orang muslim di tuntut untuk berusaha memprioritaskan moral walaupun harus berkorban apa saja baik berupa harta, pangkat, jabatan, pikiran atau tenaga bahkan nyawa sekalipun jika di maksudkan sebagai pengabdian kepada Allah SWT dan menjunjung hak kesamaan ummat Islam dapat terwujud, maka kita harus melakukannya sepanjang di dasari keikhlasan niat semata-mata mengharap ridla dari Allh SWT, hal demikian  pasti tak akan sia-sia di sisinya sesuai dengan firmannya ان الله اشترى من المؤمنين انفسهم واموالهم بأن لهم الجنة  sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. (Q.S. At-Taubah 111)
    Perjuangan yang kita lakukan harus di dasari ikhlas semata mencari ridla Allah SWT pengorbanan kita harus ikhlas karenanya dengan menyerahkan kemerdekaan pribadi untuk kepentingan dan kebahagiaan bersama. Dan apabila suatu hajat kita dapatkan dengan pengorbanan maka nilai cinta kita pada sesuatu tersebut pasti jadi sangat tinggi, sehingga dalam berinteraksi dengan alam sekitar kalau didasari cinta kasih yang diperoleh dari sikap moralitas kita sehari-hari menjadi nyaman dan damai walaupun kita datang dari berbagai suku, bahasa, dan warna kulit yang berbeda, kedudukan dan setatus sosial yang tak sama. Semoga seluruh keluaga kita, komponen masyarakat serta kaum muslimin dan muslimat kembali pada masa-masa kejayaannya sehingga selamat dari siksa neraka jahannam. Mari kita aplikasikan tekad dan perjuangan kita dengan pengibaran panji-panji kebesaran Islam. Semoga.!

    Profil

    Administrasi

    Kesehatan

    Pendidikan

     
    Support : Petotu - All Rights Reserved
    Template Created by Mastemplate Proudly powered by Blogger